Saturday, September 3, 2011

Pertolongan Pertama Bagi Luka Lecet (Luka Lecet Bernanah maupun Tidak)

Luka lecet seringkali terjadi pada setiap orang. Luka lecet banyak terjadi ketika seseorang melakukan kegiatan sehari-hari.

Sebaiknya Luka Lecet tidak dibiarkan begitu saja. Apalagi jika luka lecet yang ada memiliki kecenderungan untuk gampang terjangkau oleh kotoran-kotoran yang membawa kuman,penyakit, ataupun bakteri. Luka lecet yang terkontaminasi dengan kuman lebih lanjut akan bernanah dan luka semakin parah. Memang, terkadang luka lecet dengan tingkat yang sangat ringan bisa saja sembuh dengan sendirinya tanpa kita memberikan obat antiseptic semacam Betadine. Namun, bagaimanapun juga luka tersebut harus tetap dijaga kebersihannya.

Jika luka lecet telah terjadi, tindakan yang paling tepat adalah membersihkannya dengan air hangat atau larutan Revanol bila perlu. Setelah Luka tersebut dibersihkan, oleskan luka dengan cairan antiseptik betadine dan tutup dengan hansaplast.

Lakukan pengobatan tersebut 2 kali sehari (sehabis mandi pagi dan sebelum tidur) untuk hasil yg maksimal. Ketika luka dirasa sudah membaik dan lubang atau pori-pori kulit yang mengelupas sudah agak tertutup, biarkan luka mengering tanpa hansaplast.

Jika luka lecet yang ada sudah terlanjur bernanah, Lakukan pengobatan yang sama seperti di atas.
Published with Blogger-droid v1.7.4

No comments:

Post a Comment